Kamis, 26 Januari 2012

Cara membuat program aplikasi

Bagaimana cara membuat program portable?

Membuat Program Aplikasi atau software Jadi portable berarti membuatnya mudah dibawah, dijinjing, dicangking dimasukin saku dan dijalankan di tempat lain tanpa memerlukan instalasi lagi. Seperti yang tengah marak sekarang, browser baru Google Chrome Portable. Untuk membuat program jadi portable ada beberapa cara, saya bagi menjadi 3 yaitu: Sulit, setengah sulit dan gampang. (pembagian sekenanya Very Happy )

Cara sulit berarti harus bekerja manual, menelusuri akar program yang berada di program files dan bermain registry. Menelusuri jejak petualang registry program, mengidentifikasi registry yang terkait. Wuih.. kebayang, kan? Cara kedua adalah membuat program portable menggunakan software bantu. Insyallah cara ini nanti yang akan kita bahas. Sedangkan cara ketiga menggunakan program kompressi semisal winrar. Prinsip kerjanya adalah kita extrak program instalasi yang berasal dari file *. exe maupun *.msi kemudian mengemas kembali menggunakan winrar dengan tool indahnya, yaitu SFX. Kelemahannya adalah tidak bisa digunakan untuk aplikasi yang menerapkan registry didalamnya, kecuali Anda bisa cara pertama. Very Happy

Terdapat software bantu yang lumayan banyak untuk meringankan pekerjaan ini. Satu diantara yang saya suka adalah Thinstall, untuk lebih detail ikuti petunjuk berikut: (pura-puranya lebih detail, padahal cuma 3 langkah Very Happy )


1. Download Thinstall, saat saya menulis ini terbaru disini
2.
4shared.com 4shared.com/file/EO6ceqy8/ThinappNoSplash.html
3. Install pada komputer sampean
4. Jalan setup capture >> next >> tunggu proses saving snapshot selesai >> minimize thinstall >> Install program yang akan di buat portable sampai selesai (jangan lupa install sampai tuntas serial number dan patchnya juga) >> setelah usai press next untuk bertemu dengan saving snapshot yang baru >> pilih program yang hendak di portablekn, sesuai yang diinstall sebelumnya >> Build

Tips: Untuk membuat aplikasi ringan dan menawan buanglah file-file yang tidak berguna, semisal desktop yang membawa shortcut atau file-file yang tidak digunakan semisal help. Pembuangan file-file tersebut dilakukan sebelum proses build.

Selamat mencoba, semoga membawa manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar